Kamis, 25 Januari 2018

8 Penyebab Pucat dan Cara Mengatasi Wajah Pucat dan Kusam

Pucat merupakan salah satu gejala klinis dimana aliran darah atau kandungan oksigen di dalam darah berkurang. Namun pucat perlu dipastikan dengan pemeriksaan seksama, tidak hanya dari kuku, namun perlu dilihat kondisi kulit secara menyeluruh serta ada tidaknya juga tanda pucat pada konjungtiva mata, konjungtiva mata dalah bagian dalam dari kelopak mata atas dan bawah. Pucat bukan merupakan penyakit namun merupakan tanda khas dari adnaya kondisi medis tertentu. 


8 Penyebab Pucat dan Cara Mengatasi Wajah Pucat dan Kusam_
image source: wallpaperstock.net

Beberapa hal yang dapat dipikirkan menjadi penyebab dari kondisi pucat adalah sebagai berikut:
  1. Adanya kondisi anemia. Anemia secara umum adalah kondisi berkurangnya sel darah merah. Berkurangnya sel darah merah itu sendiri dapat disebabkan oleh memang produksinya yang berkurang misalnya pada gangguan ginjal. Selain itu juga adanya kekurangn zat besi juga dapat menimbulkan anemia atau dikenal sebagai anemia defisiensi besi. 
  2. Adanya kekurangan dari jenis vitamin atau mineral tertentu di dalam darah sehingga menyebabkan gangguan metabolisme termasuk sel darah merah
  3. Adanya gangguan aliran darah misalnya pada penyakit diabetes mellitus (penyakit gula)
  4. Adanya infeksi tertentu misalnya pada infeksi dari cacing
  5. Adanya gangguan pencernaan
  6. Adanya perdarahan mikro yang berlangsung terus menerus misalnya pada pasien dengan ambeien yang aktif terdapat perdarahan. 
  7. Adanya kondisi infeksi kronis lainnya misalnya pada kondisi tuberkulosis. Namun, tentu kondisi ini disertai dengan adanya kondisi lainnya. Seperti batuk lama, keringat malam, demam, penurunan berat badan dan lain sebagainya. 
  8. Adanya kondisi kronis lainnya seperti adanya kanker di bagian tubuh tertentu. Perlunya pemeriksaan detail untuk memastikannya. 

Bahaya atau tidaknya sangat bergantug dari kondisi medis yang mendasarinya. Perlunya pemeriksaan langsung oleh dokter untuk memastikannya. Perlu tidaknya pemeriksaan penunjang tambahan seperti pemeriksaan darah untuk menilai kadar hemoglobn ataupun jenis pemeriksaan lainnya akan disesuaikan dengan hasil konsultasi dan pemeriksaan oleh dokter nantinya. Berikan penjelasan mengenai kondisi-kondisi yang mungkin dapat menjadi penyebabnya, dengan pemeriksaan dokter secara dini maka dapat dilakukan penanganan yang lebih cepat dan optimal.

Berdasarkan pertanyaan: halo dok, saya mau tanya, mama saya selama ini mengeluh jari tangannya terasa dingin, dan jika dilihat ujung jarinya terlihat pucat, awalnya hanya di satu jari, lalu kemudian jari yang lain pun satu persatu ikut pucat juga, ini kenapa ya dok? berbahaya atau tidak?, berhubung mama saya masih takut untuk di periksakan kedokter, terimakasih.


EmoticonEmoticon